Halaman

1 April 2013

Sejarah dan Pertanian Organik

Perintis Makanan Organik

Ladang organik MELILEA di Arizona
Sekitar 25 tahun yang lalu, lebih dari 200 ilmuwan di bidang makanan organik di Amerika mendirikan pertanian organik sendiri di Arizona dengan tujuan untuk menyebarkan dan menjalankan gaya hidup yang bebas dari pencemaran. Dari sinilah titik penting revolusi makanan organik berasal.

Gaya hidup makanan organik sangat berbeda degan dasar-dasar pengolahan makanan modern yang banyak menggunakan unsur-unsur tambahan dan pengolahan yang berbahaya bagi kesehatan. Dasar-dasar makanan organik cenderung menuju kembali ke alam dengan cara penanaman dan pengolahan yang bebas dari pencemaran lingkungan.

Dasar-dasar organik diperuntukan untuk menjadi penghubung utama menuju gaya hidup sehat dalam masyarakat modern.

Pertanian Organik
Pertanian Organik

Pertanian secara organik memerlukan tanah dan lahan pertanian yang bebas dari segala macam sumber pencemaran. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum penanaman dimulai  maka tanah tidak boleh digunakan dalam jangka waktu 2-7 tahun. Hal ini bertujuan untuk menjamin bahwa tanah tidak terkena pencemaran lingkungan, dan kesehatan tanah akan kembali secara alami dengan perantara cacing tanah yang menggemburkan dan menyuburkan tanah. Pengendalian hama tanaman juga secara alami, misalnya kumbang yang akan  mengendalikan populasi kutu daun. Hal tersebut tentunya sangat berbeda sekali dengan cara pertanian yang biasa ( tidak organik ), yang akan selalu mengugunakan pupuk buatan, racun serangga, perangsang tumbuhan, serta bahan tambahan lainnya. Dan disadari  atau tidak, bahan-bahan pertanian tersebut akan masuk ke dalam tubuh kita melalui hasil pertanian yang kita makan sehari-hari baik yang belum diolah maupun yang sudah diolah. Sehingga bahan tersebut menjadi racun / toksin di dalam tubuh kita yang terus-menerus akan menggerogoti kesehatan dan akhirnya kita jatuh sakit. Untuk itu marilah kita mulai dengan gaya hidup sehat dengan dimulai dari diri sendiri bersama dengan MELILEA.