Halaman

15 Agustus 2012

Cara Bijak Menggunakan Uang

Simpan uang kembalian untuk dana darurat,
sedekahkan juga penghasilan Anda agar lebih puas dan bahagia.

Suarapos.blogspot.com. I Tips - Bagaimana cara Anda menggunakan uang menentukan kebahagiaan. Anda bisa merasa lebih puas dan tenang dengan apa yang Anda miliki, termasuk dalam hal keuangan, kalau Anda lebih bijak menggunakannya. Termasuk dengan cara sederhana berikut ini:

Beramal
Kalau Anda merasa gaji pas-pasan terus padahal sudah ada kenaikan, mungkin ada yang belum Anda lakukan. Menurut penelitian, bila kita tak pernah puas dengan apa yang kita dapat dan selalu merasa kekurangan, tandanya kita kurang beramal.

Pasalnya, kebahagiaan tak selamanya bergantung pada jumlah uang yang kita miliki, namun bagaimana kita mengaturnya serta membaginya pada mereka yang membutuhkan.

Misalnya, menyumbangkan untuk proyek pelestarian lingkungan atau memberi modal usaha. Dengan begitu, kita tak akan hanya melihat "ke atas" atau iri dengan rekan lain yang punya koleksi tas atau mobil banyak. Cara ini dinilai ampuh membuat kita lebih bahagia dan bersyukur.

Dana darurat
Tanggal tua selalu merana? Investopedia.com memberikan cara mudah yang bisa dipakai sebagai suntikan dana darurat bila gaji habis sebelum waktunya:
* Simpan kembalian. Jangan remehkan uang logam Rp 500. Bila dikumpulkan dalam botol air mineral ukuran sedang, ia bisa mencapai angka Rp 80.000. Jadi, siapkan dompet koin untuk mengumpulkan uang logam dan tabunglah. Ini berguna untuk membayar ongkos atau parkir mobil.
* Amankan "uang kaget". Bila menemukan uang di saku celana namun gaji masih cukup banyak, simpanlah sebagai dana darurat. Bila tergiur memakainya, pakai setengan saja, sedang sisanya ditabung.

(Majalah Chic/Yunda)